Thursday, January 19, 2012

Ps Dedy Santoso - Tuhan YESUS baik

Markus 10:17-22 Pada waktu Yesus berangkat untuk meneruskan perjalanan- Nya, datanglah seorang berlari- lari mendapatkan Dia dan sambil bertelut di hadapan- Nya ia bertanya: " Guru yang baik, apa yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal? " Jawab Yesus: " Mengapa kaukatakan Aku baik? Tak seorangpun yang baik selain dari pada Allah saja. Engkau tentu mengetahui segala perintah Allah: Jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta, jangan mengurangi hak orang, hormatilah ayahmu dan ibumu! " Lalu kata orang itu kepada- Nya: " Guru, semuanya itu telah kuturuti sejak masa mudaku." Tetapi Yesus memandang dia dan menaruh kasih kepadanya, lalu berkata kepadanya: "Hanya satu lagi kekuranganmu: pergilah, juallah apa yang kaumiliki dan berikanlah itu kepada orang- orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku." Mendengar perkataan itu ia menjadi kecewa, lalu pergi dengan sedih, sebab banyak hartanya.

Pertanyaan yg berbobot dari seorang muda, kaya dan hidup saleh yaitu tentang "Bagaimana memperoleh hidup yg kekal?"

Harusnya Tuhan Yesus jawab yg simple
Seperti ditulis dalam Yoh 3:14-16
Tapi DIA malah bertanya, "Kenapa kau katakan Aku baik?"

Terminologi kata baik adalah pada saat orang berharap dia mendapatkan sesuatu yg diinginkan maka dia akan berkata "baik".

Hukum taurat baca Keluaran 20
Ada yang kurang yg dirasakan anak muda itu, tapi ingatlah bahwa perbuatan baik tidak menjamin kita akan mendapat hidup yang kekal.

Yesus menaruh kasih kpd anak muda tsb yaitu kasih agape (tulus dan bkn menghakimi) dengan berkata "...pergilah juallah apa yg kau miliki dan berikan itu kpd orang2 miskin, maka engkau akan beroleh harta disurga kemudian datanglah kesini dan ikut aku"
(Ay.21) anak muda ini kecewa dan sedih karena hartanya sangat banyak.

Mengikut TUHAN, kuncinya adalah kita harus percaya TUHAN.

Kalau kita sdh berdoa tapi tidak mendapat apa yg kita mau maka banyak yg berkata Tuhan tidak baik.

Mengucap syukurlah dalam segala hal (1 Tes 5:18) dan bersukacitalah senantiasa (1 Tes 5:16)

Kasihilah Tuhan karena kita semua berharga dimata-NYA

Mark 10:28-30
Berkatalah Petrus kepada Yesus: " Kami ini telah meninggalkan segala sesuatu dan mengikut Engkau! " Jawab Yesus: " Aku berkata kepadamu, sesungguhnya setiap orang yang karena Aku dan karena Injil meninggalkan rumahnya, saudaranya laki- laki atau saudaranya perempuan, ibunya atau bapanya, anak- anaknya atau ladangnya, orang itu sekarang pada masa ini juga akan menerima kembali seratus kali lipat: rumah, saudara laki- laki, saudara perempuan, ibu, anak dan ladang, sekalipun disertai berbagai penganiayaan, dan pada zaman yang akan datang ia akan menerima hidup yang kekal.

Tuhan melihat kualitas hati
Kenapa Yesus menyuruh jual harta anak muda kaya ini?
Karena Tuhan Yesus tahu, anak muda ini melanggar perintah Tuhan dr no.1-4
1-4: Hubungan manusia dg TUHAN
5-10: Hubungan sesama manusia

Bahwa hatinya melekat/terpusat pada hartanya, Mat 6:21 Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.

Mat 6:24 "Tak seorangpun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon."

Anak muda ini tanpa dia sadari, dia sudah "terikat" dengan harta dunia. Maka dia tidak bisa datang kepada TUHAN YESUS karena harta dunia yg dimilikinya sdh menjadi tuan dlm hidupnya.

Siapa tuan dalam hidup kita?

Kebaikan TUHAN atas hidup kita diberikan dg hak bebas kita utk menentukan hidup ini, apa yg kita pilih sekarang akan menentukan masa depan kita.

Tuhan YESUS memberkati
Best Regards,
Bambang

"Have a blessed day" Sent via BlackBerry® from AIS

http://www.amazon.com/Hearing-God-Getting-Know-Voice by Kathy Cambell

Now more than ever before we need to press into hearing what the Spirit of the Lord is saying today. We need to know Him. This manual will help you in your journey of intimacy with the Lord and bring you to greater understanding of the commands in Scripture to encourage one another. I often will say as I instruct ones in the prophetic that all of the gifts of the Spirit flow through the prophetic. Being a prophetic person is one who is able to hear from God. We all hear from God to a certain extent. The sons of Issachar had understanding of the times and they knew what to do. Having understanding of the times is equal to having words of wisdom, words of knowledge, and discernment flowing through you. If we can hear God's voice then we can hear words of wisdom. If we can hear God's voice then we can hear words of knowledge. If we can hear God's voice we can have discernment. If we can hear God's voice we can have faith to declare those things that are not as though they are. If we can hear God's voice then all of the Gifts of the Spirit will flow through us. More than ever before we need to understand that in the last days, as prophesied by Joel and repeated by Peter, there will be widespread revelations from God. We will not receive revelations from God if we do not hear His voice. God speaks in a variety of ways. The most basic avenues God speaks to us are through the Bible, prayer, people, nature, dreams, and an inner sense of knowing something. Certainly and most definitely we have entered such an occasion. God is speaking today. It behooves all believers to embark on this most exciting journey of learning to hear God?s voice in as many possible ways as God is speaking.

Blog Archive